Implementasi Sistem ERP di Sektor UKM Masih Sedikit


Sementara itu, penelitian sistem ERP di sektor UKM di Indonesia masih sangat terbatas dan penelitian masih terbatas pada tahap perencanaan dan analisis saja. Cahyadi (2006) menganalisa kelayakan implementasi Sistem ERP pada UKM berdasarkan 5 dimensi karakter UKM, yaitu manajemen, Formalisasi, sistem informasi, perencanaan strategis, dan manajemen operasi.Teknologi semakin maju sekarang untuk pendataan barang dan pendataan lainnya bisa menggunakan software,yaitu menggunakan software erp,jasa pembuatan software erp jakarta bisa menjadi solusi untuk perusahaan yang membutuhkannya.Handayani (2010) menyusun roadmap penelitian ERP untuk UKM dan Aisyah (2011) melakukan studi melihat efektifitas sistem ERP untuk meningkatkan proses bisnis di UKM. Sepanjang pengetahuan kami, belum ada studi tentang implementasi ERPpada UKM.


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkaya literatur tentang implementasi sistem ERP pada UKM dengan mengevaluasi sistem ERP yang telah diimplementasikan di PT. CP. Tujuan penelitan ini dijabarkan menjadi tiga bagian berdasarkan Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan McLean (1992).Teknologi semakin maju sekarang untuk pendataan barang dan pendataan lainnya bisa menggunakan software,yaitu menggunakan software erp,jasa pembuatan software erp bisa menjadi solusi untuk perusahaan yang membutuhkannya. Pertama, proses pembuatan sistem ERP mulai dari pembuatan blue print sampai sistem go live dimana pada tahap ini dilakukan evaluasi kualitas sistem informasi, kualitas informasi yang dihasilkan, dan kualitas layanan oleh unit pendukung.


Kedua, pengalaman pemakaian sistem ERP pada UKM dimana pada tahap ini dilakukan evaluasi terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna. Ketiga, dampak dari penggunaan sistem ERP dimana pada tahap ini dilakukan evaluasi dampak sistem ERP pada individu dan organisasi. Hasil akhir evaluasi adalah luaran dari implementasi ERP di UKM ini sukses atau gagal beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Posting Komentar

0 Komentar